Artikel ini berisi mengenai ikhtisari dari setiap pertemuan
pada mata kuliah Media Komunikasi Publik. Adapun dosen dari mata kuliah ini
adalah Ibu Tri Susila Hidayati, M.Si dengan Asisten Dosen Ibu Pipin Widyasari,
MM
Setiap meteri yang diberikan akan dirangkum dan diasajikan
dalam bentuk tulisan pada blog ini. keep reading, hope this article would give
you something new to learn!
Media Komunikasi Publik. Saat pertama kali mendengar mata
kuliah tersebut, saya berasumsi bahwa mata kuliah ini akan mengajarkan tata
cara bagaimana kita sebagai makhluk sosial melakukan komunikasi kepada
masyarakat luas. Setelah memasuki pertemuan pertama pada mata kuliah ini, saya
baru paham bahwa sebenarnya Media Komunikasi Publik tidak hanya mengajarkan
tentang bagaimana tata cara berkomunikasi yang baik dengan masyarakat luas
tetapi juga berbagai cara memahami sifat dan kebiasaan seseornag yang dapat
membantu kita untuk melakukan komunikasi. Ada begitu banyak pertimbangan yang harus dipikirkan matang - matang dalam melakukan komunikasi, terlebih komunikasi kepada khalayak umum. Media komunikasi merupakan alat yang penting sebagai perantara bagi komunikator dalam memberikan informasi kepada komunikan.
Komunikasi tidak melulu merupakan pertemuan antara dua orang
atau lebih yang melakukan percakapan. Komunikasi adalah Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk merubah sikap atau tingkah laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan
(sumber: http://jurnal-sdm.blogspot.co.id/2007/12/komunikasi-arti-fungsi-dan-bentuk.html)
Ada banyak media yang dapat digunakan sebagai alat
komunikasi. Salah satu contoh yang paling gampang adalah media komunikasi
seperti koran yang menyajikan berita terkini untuk diketahui oleh publik,
televisi yang menyajikan tayangan berupa informasi atau pesan kepada penonton.
Tidak hanya media masa yang dapat kita jadikan sebagai contoh, bahkan KTP pun
merupakan media komunikasi yang memberikan informasi kepada pembaca mengenadi
identitas seseorang. Mindset kita mengenai media mungkin terbatas pada benda
benda seperti alat elektronik, oleh kerena itu kita harus membuka pikiran kita Open Mind untuk menelaah lebih jauh
tentang media.
Tujuan dari media komunikasi publik adalah sebagai perantara
antara komunikator atau orang yang akan memberikan informasi kepada komunikan
atau orang yang akan menerima informasi. Media sebagai perantara harus memiliki
beberapa kriteria seperti:
- Kepercayaan penerima pesan (komunikan) terhadap komunikator serta keterampilan komunikator berkomunikasi (menyajikan isi komunikasi sesuai tingkat nalar komunikan)
- Daya tarik pesan dan kesesuaian pesan dengan kebutuhan komunikan.
- Pengalaman yang sama tentang isi pesan antar komunikator dan komunikan
- Kemampuan komunikasi menafsirkan pesan, kesadaran, dan perhatian komunikan akan kebutuhannya atas pesan yang diterima
- Setting komunikasi yang kondusif (nyaman, menyenangkan dan menantang)
- Sistem penyampaian pesan berkaitan dengan metode dan media yang sesuai dengan jenis indera penerima pesan.(Sumber: http://komunitaspenyuluhperikanan.blogspot.co.id/2012/01/kriteria-keberhasilan-komunikasi.html)
Adapun tujuan dari diadakannya komunikasi adalah sebagai
berikut:
A. Kendalikomunikasi bertindak untuk mengendalikan prilaku anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.
B. Motivasi
Komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah standar.
C. Pengungkapan emosional
Bagi banyak karyawan kelompok kerja mereka merupakan sumber utama untuk interaksi sosial, komunikasi yang terjadi di dalam kelompok itu merupakan mekanisme fundamental dengan mana anggota-anggota menunjukkan kekecewaan dan rasa puas mereka oleh karena itu komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan pemenuhan kebutuhan sosial.
D. Informasi
Komunikasi memberikan informasi yang diperlukan individu dan kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data guna mengenai dan menilai pilihan-pilihan alternatif
Media merupakan unsur utama komunikasi, karena hanya dengan
media kita dapat saling bertukar informasi atau pesan kepada orang lain. Ketika
kita melakukan percakapan langsung, kita berkomunikasi dengan suara, tatapan
mata, gestur tubuh, serta mimik wajah sebagai media komunikasi. Oleh karena itu peran media dalam komunikasi adalah hal yang perlu di perhatikan. Kepada siapa informasi yang akan disampaikan agar dapat diterima dengan baik oleh komunikan.
Semoga materi diatas dapat memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian. Kritik, saran, dan komentar sangat terbuka agar menjadikan artikel ini lebih baik dan sekaligus sebagai bahan pembelajaran bagi saya dalam menulis ulasan materi ini. Terimakasih.
0 komentar:
Posting Komentar