Selasa, 13 Juni 2017

Karakteristik Media Komunikasi

Sebelum kita membahas karakteristik media komunikasi, kalian harus tahu dan mengerti terlebih dahulu arti dari komunikasi Klik Disini untuk melihat postingan sebelumnya yang membahas materi komunikasi :)
Setiap media yang digunakan untuk komunikasi memiliki karakteristik yang berbeda beda. baik media koran, radio, televisi, dll. Dalam artikel ini akan dibahas satu persatu setiap karakteristik media yang digunakan sebagai kominukasi.

Karakteristik Media Komunikasi Secara Umum
1. Publisitas. Disebarluaskan kepada publik, khalayak, atau orang banyak.
2.Universalitas. Pesannya bersifat umum, tentang segala aspek kehidupan dan semua peristiwa di berbagai tempat, juga menyangkut kepentingan umum karena sasaran dan pendengarnya orang banyak (masyarakat umum).
3. Periodisitas. Tetap atau berkala, misalnya harian atau mingguan, atau siaran sekian jam per hari.
4. Kontinuitas. Berkesinambungan atau terus-menerus sesuai dengan priode mengudara atau jadwal terbit.
5. Aktualitas. Berisi hal-hal baru, seperti informasi atau laporan peristiwa terbaru, tips baru, dan sebagainya. Aktualitas juga berarti kecepatan penyampaian informasi kepada publik.

Jenis Media Massa
Ada banyak jenis media yang dapat digunakan sebagai alat berkomunikasi. baik dari segi visual ataupun verbal. Untuk berkomunikasi dengan media masa dibutuhkan keahlian atau keterampilan (skills) yang harus dimiliki antara lain yaitu menulis (writing skill), jurnalistik, broadcasting/announcing skills, editing, bahasa jurnalistik (bahasa media), dan editing foto, audio, dan video.
Jenis - jenis media massa yang dapat digunakan sebagai media komunikasi adalah:

1.  Media Cetak

Media cetak adalah suatu alat yang digunakan sebagai perantara untuk menginformasikan suatu hal atau masalah kepada masyarakat dalam bentuk cetak. contoh dari media cetak adalah:

1. Koran

Koran adalah media cetak yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan percetakan. Koran biasanya ditampilkan dengan desain yang simple, berlatar warna hitam putih, walaupun tetap ada penyisipan gambar dan warna warna lainnya, namun mayoritas warna koran adalah hitam putih. Dalam koran terdapat rubik yang dibagi - bagi tiap divisinya. Pada halaman depan sebuah koran akan memuat berita atau informasi yang menjadi Headline atau topik utama yang sedang booming dan banyak diperguncingkan oleh masyarakat banyak. lalu pada halaman berikutnya akan dibagi dengan topik yang berbeda dan terbagi. Seperti rubik yang membahas berita tentang Bisnis, Ekonomi, Olahraga, hingga Informasi Umum, dan rubik yang lainnya. Periodik penerbitan koran bermacam - macam. ada yang membuat koran untuk diterbitkan per hari, ada pula yang diterbitkan per minggu dan bulanan. Mampu menyajikan berita - berita dan gagasan tentang perkembangan masyarakat pada umumnya.
Fungsi dari surat kabar adalah sebagai kampanye proyek - proyek yang bersifat kemsayrakatan yang sangat diperlukan untuk membantu kondisi - kondisi tertentu. Sebagai hiburan seperti komik, kartun, cerpen, dll. Surat kabar juga untuk melayani pembaca sebagai konselor yang ramah, menjadi agen informasi, dan memperjuangkan hak haknya.

2. Majalah

Majalah adalah sebuah media publikasi atau terbitan secara berkala yang memuat artikel-artikel dari berbagai penulis. Selain memuat artikel, Majalah juga merupakan publikasi yang berisi cerita pendek, gambar, review, ilustrasi atau fitur lainnya yang mewarnai isi dari majalah. Majalah juga terbagi menjadi beberapa jenis dengan topik yang berbeda. Ada majalah edisi kecantikan, majalah otomotif, majalah tentang film, dll.

3.Stiker

Stiker adalah sebuah media komunikasi yang berfungsi menyampaikan pesan singkat yang mudah dimengerti dan mudah diingat. Stiker yang bagus hendaknya mudah diingat dari segi bentuk dan visual grafisnya. Karakteristik stiker yang baik selain berisi pesan singkat juga terdapat identitas yang mengeluarkan stiker tersebut, serta ilustrasi pendukung dari pesan yang diangkat dari tema stiker tersebut.

4. Spanduk

Spanduk adalah suatu kain rentang yang isinya propaganda, slogan ataupun berita yang perlu diketahui oleh umum. Atau spanduk yaitu kain membentang yang biasanya berada di tepi jalan yang berisi text, berwarna serta bergambar. Spanduk sebagai suatu media informasi, bisanya dibuat dengan menggunakan cat, sablon (screen printing) atau dengan cara cat mesin. Karakteristik spanduk adalah mengusung pesan singkat yang mudah diingat oleh pembaca, disertai ilustrasi pendukung serta desain yang menarik perhatian banyak orang. Spanduk memiliki tujuan untuk menyampaikan pesan yang biasanya berupa informasi atau peringatan bagi pembacanya.

Dan masih banyak lagi contoh media cetak yang lainnya. Media cetak memiliki pengaruh yang besar bagi msyarakat luas. peran media cetak yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari - hari menjadikannya media efektif dalam menyampaikan pesan. Namun, peran media cetak dalam menyampaikan informasi juga dapat berpengaruh postif dan negatif. Dampak Positifnya ialah:

  • Menambah pengetahuan dan wawasan
  • Mengetahui dunia global
  • Bisa mempelajari hal - hal yang belum diketahui
  • Meningkatkan suatu karya
Namun, dibalik dampak positif yang dapat diambil dari media cetak, ada pula beberapa dampak negatif yang bisa timbul, yaitu diantaranya:
  • Tidak semua umur dapat membaca media cetak (khususnya anak anak karena di media cetak terdapat suatu kolom yang tida pantas di baca jika belum cukup umur)
2. Media Elektronik
Media elektronik adalah suatu alat digunakan sebagai perantara untuk menginformasikan suatu hal atau masalah kepada masyarakat dalam bentuk elektronik. Media elektronik dapat berbentuk analog maupun digital. Beberapa contoh media elektronik adalah:

1. Televisi

Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Televisi memiliki karakter berupa  audio visual yang mampu menarik perhatian masyarakat. Keberadaan televisi saat ini banyak dimiliki oleh masyarakat, sehingga penyebaran informasi lewat media televisi sangat efektif. komunikasi pada media televisi terjadi satu arah. Rubik yang disajikan pada televisi lebi beragam dan banyak channel yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Dari mulai channel yang menayangkan tentang hiburan, berita dan informasi, film, dll.
Setiap visualisasi yang disajikan oleh televisi memiliki makna dan arti tersendiri bergantung pada tujuan dan sasaran dari informasi tersebut. Pengoperasional televisi lebih kompleks, melibatkan banyak peralatan. Informasi yang disebarkan melalui televisi akan serempak juga sama diterimak oleh masyarakat dari daerah yang berbeda dalam kawasan yang terjangkau oleh sinyal televisi.

2. Radio
Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Keberadaan radio kini banyak terdapat di handphone dan gedget lainnya, sehingga efektiv dalam penyampaian informasi dan berita lewat radio. Walaupun penggunaan radio tidak sebanyak penggunaan televisi dikarenakan radio hanya memberikan informasi dalam bentuk audio. Dengan radio, penyiar radio menyapa dengan hangat kepada pendengar secara personal dan akan terjadi komunikasi dua arah dimana terdapat feedback dari pendengar. Radio juga mudah didengarkan dimana - mana dan biaya operasionalnya yang murah.

Sama halnya dengan media cetak, media elektronik juga memiliki dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya adalah:

  • Dapat lebih mudah mencari informasi
  • Bisa dibawa kemana - mana, lebih mudah seperti handphone, notebook, dan gadget lainnya
  • Meningkatkan produktivitas dalam berkarya
Sedangkan dampak negatif yang ditimbulkan adalah:
  • Menjadi malas karena instan
  • Menggampangkan sesuatu hal
Masyarakat Indonesia saat ini lebih banyak menggunakan medi aelektronik daripada media cetak dikarenakan kebiasaan hidup masyarakat Indonesia mayoritas lebih memilih yang instan atau lebih mudah. Didukung dengan kecanggihan teknologi saat ini, media cetak juga sangat penting, karena bisa membahas suatu topik dengan sangat detail dan mendalam. Alangkah baiknya penggunaan media cetak dan media elektronik dimanfaatkan secara seimbang guna optimalisasi dalam mencari pengetahuan dan wawasan.

3. Media Cyber

Abad ini perkembangan teknologi komunikasi terus mengalami kemajuan yang sangat pesat. Disadari atau tidak, perkembangan teknologi komunikasi telah membawa kita ke arah kehidupan yang baru, yaitu era komunikasi yang praktis dan dinamis. Beberapa media sosial yang dapat digunakan dalam komunikasi di dunia maya adalah sebagai berikut:

1. Facebook

Facebook merupakan media sosial yang menggunakan internet sebagai sarana komunikasi dua arah. facebook efektif dalam menyebrluaskan informasi kepada khalayak umum dikarenakan ruang lingkupnya yang global. pertemanan dalam facebook tidak terbatas pada suatu daerah tetapi mendunia sehingga penybearan informasi dapat dilakukan juga untuk global.

2. Website
Website merupakan suatu wadah berupa situs di internet untuk menuliskan informasi biasanya dalam bentuk artikel. website tidak mengedepankan komunikasi dua arah, tetapi lebih informasi satu arah yag memberikan informasi kepada masyarakat. walaupun pada sebuah website tetap dapat menuliskan kolom komentar dan pendapat.

Masih banyak lagi media cyber yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi. seperti Instagram, Twitter, dll. Mayoritas funsgi nya tidak jauh berbeda yaitu menyebarluaskan informasi menggunakan media internet.
Cyber media merupakan bagian dari perkembangan teknologi komunikasi. Cyber media melahirhan banyak dampak dalam kehidupan manusia. Layaknya sebuah inovasi, dampak yang dilahirkan tentu akan memiliki dua sisi, yaitu sisi negative dan juga positif.
Dampak positif dari media cyber adalah sebagai berikut:
  • Mampu menghadirkan informasi - informasi yang up to date dan berkesinambungan
  • Dapat memberikan informasi atau berita yang konvensional dengan menggabungkan video, teks, dan gambar.
  • Mampu menjadikan masyarakat sebagai produsen sekaligus konsumen dari informasi
Sedangkan dampak negatif yang timbul dari media cyber adalah sebagai berikut:
  • Lahirnya cyber crime (kejahatan di dunia maya)
  • Masyarakat terbelenggu dengan perkembangan teknologi di dunia maya, dan sering melupakan kewajibannya di dunia nyata.
Dari sekian banyak media masa yang dapat digunakan sebagai penyampaian informasi, setiap jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing. Gunakan sesuai kebutuhan dan tujuan atau target yang diinginkan dalam penyampaian informasi.

Saran dan kritikan mengenai artikel diatas akan sangat membantu sebagai bahan untuk evaluasi :) Terimakasih .

A

0 komentar:

Posting Komentar